Loading…
  • 0
  • 1
  • 2
  • 3
<<< Selamat Datang di Website UPBJJ-UT Surabaya, Kampus C Unair Jl. Mulyorejo >>>


Articles

Dari Arena OSMB Pendas 2015.1:

Membangun Kemandirian dan Kebanggaan Mahasiswa UT

 

Setelah OSMB mahasiswa baru Non Pendidikan Dasar (1 Maret 2015) kini giliran mahasiswa baru Pendas mengikuti kegiatan yang sama pada hari Minggu, 12 April 2015 di Convention Hall - Airlangga Convention Center (ACC) Kampus C Unair Mulyorejo, Surabaya, dan dihadiri oleh sekitar 1.074 orang mahasiswa baru program Pendas dari 16 kota/kabupaten di wilayah UPBJJ-UT Surabaya. Melalui OSMB ini mahasiswa baru diharapkan dapat: (1) mengenal dan memahami lingkungan UPBJJ-UT dan UT; (2) menambah wawasan penggunaan sarana akademik yang tersedia di UPBJJ-UT; (3) memberikan pemahaman awal tentang wacana kebangsaan serta pendidikan; (4) memahami makna belajar mandiri di UT; (5) menumbuhkan rasa persaudaraan kemanusiaan di kalangan civitas akademika; dan (6) menumbuhkan kesadaran diri akan tanggungjawab akademik dan sosialnya.


osmb-pendas1


Tepat pukul 08.30 WIB acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne UT dipimpin oleh Setijo Budiarso; pembacaan do’a oleh Drs. Adrawi Zaini, M.Pd.I; dan laporan dari Ketua Panitia, Drs. Hisham El-Qaderie, M.Kes. Acara dilanjutkan dengan pembukaan dan sambutan oleh Ka. UPBJJ-UT Surabaya, Teguh Prakoso, S.Pd., M.Hum. Dalam kata sambutannya, beliau menyampaikan bahwa sesuai dengan sistem pendidikan belajar jarak jauh (SPJJ) yang diterapkan di UT, kesiapan dan kemauan mahasiswa untuk belajar mandiri merupakan kunci utama sukses kuliah di UT. Buku Materi Pokok atau populer disebut Modul yang telah didesain sesuai dengan prinsip belajar mandiri dan bersifat “self-instruction” untuk memudahkan mahasiswa untuk memahami merupakan sumber utama bagi mahasiswa UT dalam belajar mandiri dan menyelesaikan soal-soal UAS. Menurut beliau, dalam konteks inilah OSMB menjadi penting untuk menanamkan karakteristik kemandirian belajar pada setiap mahasiswa UT, sejak dini, sebelum mereka mengikuti proses pembelajaran di UT, agar mereka benar-benar bisa memahami dan memaknai hakikat belajar mandiri dalam sistem pendidikan jarak jauh di UT, serta bisa menjadi pebelajar mandiri (autonomous learners) yang andal.

Lebih lanjut Kepala UPBJJ-UT Surabaya menyampaikan bahwa mahasiswa UT harus memiliki kebanggaan diri terhadap UT sebagai almamaternya, karena UT adalah PTN yang semua program studinya terakreditasi B, dan lulusannya banyak yang kini memiliki posisi atau jabatan penting di pemerintahan atau swasta. Lulusan UT juga memiliki prestasi yang tak kalah dibandingkan lulusan dari PT lain, sehingga mereka mampu bersaing baik di dunia kerja maupun ketika studi lanjut ke program Magister (S2) maupun Doktor (S3). Selain itu, setiap mahasiswa UT juga harus bangga karena UT telah menerapkan sistem jaminan kualitas yang telah mendapat pengakuan dari lembaga akreditasi internasional yang independen, SAI Global – Indonesia dengan memberikan Sertifikat ISO 9001:2008 dalam Manajemen Pendidikan Jarak Jauh. UT juga telah mendapat pengakuan dari organisasi institusi pendidikan tinggi jarak jauh dunia,International Council for Distance Education (ICDE) dengan memberikan “Certificate of Quality.

Setelah menutup sambutan, Ka. UPBJJ-UT Surabaya mengenakan Jaket Almamater UT kepada dua orang mahasiswa baru sebagai simbol bahwa mereka mewakili peserta telah resmi sebagai mahasiswa UT. Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi sajian materi. Pada sesi ini para peserta memperoleh bekal pengetahuan dan wawasan akademik tentang Konsep PTJJ dan filosofi belajar mandiri dari Dr. Mohammad Imam Farisi, M.Pd.; konsep tutorial/bimbingan belajar dan layanan bahan ajar dari Koordinator BBLBA, Drs. Suparman, M.Pd.; serta registrasi, ujian, beasiswa dan kegiatan kemahasiswaan dari Koordinator Registrasi dan Ujian, Pismia Sylvi, S.Si., M.Si. Untuk menguatkan tekad dan semangat belajar, mahasiswa juga dituntun cara memanfaatkan berbagai layanan online, seperti tutorial online, Toko Buku Online (TBO), dan Sistem Ujian Online (SUO) dari tenaga ICT, Dwianto Asmara, S.Kom.

osmb-pendas2


Walaupun acara padat dan jumlah peserta sangat banyak, peserta OSMB tampak sangat bersemangat dan antusias mengikuti seluruh rangkaian acara. Gema yel-yel “UPBJJ-UT Surabaya......YES...” yang dikumandangkan pada setiap sesi semakin menambah kegembiraan dan semangat para peserta. Sekitar pukul 12.00 WIB acara OSMB Pendas ditutup secara resmi oleh Ka. UPBJJ-UT Surabaya, Saat menutup acara, beliau kembali mengingatkan agar para mahasiswa mampu melawan rasa malas dan bertekad kuat untuk belajar sebaik mungkin. Lebih lanjut Teguh Prakoso menyampaikan bahwa mengingat infrastruktur layanan administrasi akademik di UT berbasis teknologi komunikasi dan informasi, setiap mahasiswa harus memastikan keakurasian dalam menuliskan data. Jika pun terdapat kesalahan, mereka juga harus memastikan dapat menyelesaikannya dengan memanfaatkan contact center yang telah ada atau mengacu pada Katalog UT yang dapat dilihat pada laman http://www.ut.ac.id. Jika mahasiswa di UPBJJ-UT Surabaya memerlukan informasi tambahan atau ingin berkonsultasi, mereka dapat mengakses laman http://surabaya.ut.ac.id, atau bergabung di facebook.com/ut.surabaya, twitter @ut_Surabaya, atau blog utsurabaya.wordpress.com.

UPBJJ-UT Surabaya,..................YES.

 

22. Shodiq Anshori    Kontributor : Sodiq Anshori.

 

Pengumuman

BIZCamp Challenge 2015
BIZCamp Challenge 2015

BIZCamp Challenge 2015
BizCamp Challenge merupakan kompetisi tahunan untuk  [ ... ]

Pelaksanaan Ujian Non Pendas 2015.1
Pelaksanaan Ujian Non Pendas 2015.1

Pelaksanaan Ujian Non Pendas 2015.1 
Masa ujian 2015.1 untuk Non Penda [ ... ]

Daftar Peserta Ujian Online NonPendas 2015.1
Daftar Peserta  Ujian Online NonPendas 2015.1

Daftar Peserta  Ujian Online NonPendas 2015.1 Pada masa 2015.1 Sistem ujia [ ... ]

Berita lainnya....