Loading…
  • 0
  • 1
  • 2
  • 3
<<< Selamat Datang di Website UPBJJ-UT Surabaya, Kampus C Unair Jl. Mulyorejo >>>


Articles

Mahasiswa Program D-IV Teknologi Jaringan UGM Laksanakan PKL di UPBJJ-UT Surabaya

 pkl-ugm

Salah satu PTN besar di Indonesia, Universitas  Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta mempercayakan para mahasiswanya untuk melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di UT. Tercatat empat orang mahasiswa semester V prodi D4 Teknologi Jaringan (Fak. Vokasi) selama 2 bulan (Juli dan Agustus 2015) kini sedang melaksanakan PKL di kantor UPBJJ-UT Surabaya, di Kampus C Unair Mulyorejo Surabaya. Mereka adalah Andani Bayu Satriawan; Wardiman; Ahmad Jauhari Afif; dan Amar Fauzi, dibimbing oleh 2 (dua) orang dosen mereka, Nur Rohman Rosyid, S.T,M.T, D.Eng., dan Muhammad Arrofiq, S.T, M.T., Ph.D., Selama UPBJJ-UT Surabaya mereka akan dikoordinasikan oleh tenaga ICT UPBJJ-UT Surabaya, Dwianto Asmara, S.Kom.

Pemilihan UT/UPBJJ-UT Surabaya  sebagai tempat PKL, karena UT merupakan satu-satunya PTN yang dalam penyelenggaraan administrasi akademik dan akademiknya berbasis TIK, sehingga UT/UPBJJ-UT sangat layak untuk digunakan sebagai sarana pemahaman Teknologi Informasi dan Jaringan secara langsung dan aplikatif. Selama 2 bulan masa PKL, ada beberapa tahapan kegiatan yang harus mereka selesaikan, diantaranya pengarahan pelaksanaan KP, Pelaksanaan KP di instansi, pembuatan Laporan Kerja, penyerahan Laporan KP di instansi. Pada proses pelaksanaan KP di instansi pihak instansi mempunyai wewenang penuh terhadap proses pendidikan mahasiswa, terutama penyerapan pengetahuan aplikatif di instansi UPBJJ-UT Surabaya.

Dalam kata sambutan penerimaan mahasiswa Kerja Praktek (KP) Kepala UPBJJ-UT Surabaya, Teguh Prakosa, mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung di UPBJJ-UT Surabaya. Semoga kerja sama semacam ini dapat bermanfaat bagi kedua pihak, baik UGM maupun UT. Dijelaskan pula bahwa UT memiliki kantor Regional sebanyak 39 UPBJJ-UTyang tersebar di 37 provinsi seluruh Indonesia. Untuk mendukung kegiatan operasional, setiap UPBJJ-UT menjalin kerjasama dengan berbagai institusi, terutama dengan: PTN/PTS setempat, terutama dalam penyediaan tutor, pembimbing praktik/ praktikum, dan pengawas ujian; pemerintah daerah setempat, baik dalam penyelenggaraan tutorial dan ujian maupun dalam mendapatkan beasiswa bagi mahasiswa UT; dan Stasiun radio dan TV setempat untuk menyiarkan tutorial atau informasi kegiatan akademik. Tutorial yang disiarkan secara rutin melalui stasiun RRI.Pada tingkat pusat, UT juga telah lama bekerjasama dengan: RRI untuk melaksanakan tutorial melalui radio; BRI, BTN dan Bank Mandiri untuk menerima setoran uang kuliah dan uang pembelian bahan ajar; PT Pos Indonesia untuk mendistribusikan bahan ajar, dokumen ujian dan bahan pendukung lainya.

Pemberian kesempatan kepada mahasiswa untuk melaksanakan kerja praktek seperti ini hampir setiap tahun dilaksanakan di UPBJJ-UT Surabaya, khususnya PTN di Jawa Timur. Kegiatan Kerja Praktek akan lebih mengenalkan dan mendekatkan mahasiswa dengan lingkungan kerja yang nyata, sehingga keterkaitan antara lembaga Perguruan Tinggi dengan kebutuhan tenaga kerja akan semakin dapat diantisipasi. Semoga kesempatan yang diberikan UPBJJ-UT Surabaya dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin oleh mahasiswa kerja praktek dan instansi kedua belah pihak. 

21. Dwi Sambada 41. Dwianto Asmara Kontributor : Dwi sambada dan Dwianto Asmara

 

Pengumuman

BIZCamp Challenge 2015
BIZCamp Challenge 2015

BIZCamp Challenge 2015
BizCamp Challenge merupakan kompetisi tahunan untuk  [ ... ]

Pelaksanaan Ujian Non Pendas 2015.1
Pelaksanaan Ujian Non Pendas 2015.1

Pelaksanaan Ujian Non Pendas 2015.1 
Masa ujian 2015.1 untuk Non Penda [ ... ]

Daftar Peserta Ujian Online NonPendas 2015.1
Daftar Peserta  Ujian Online NonPendas 2015.1

Daftar Peserta  Ujian Online NonPendas 2015.1 Pada masa 2015.1 Sistem ujia [ ... ]

Berita lainnya....