Loading…
  • 0
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
<<< Selamat Datang di Website UPBJJ-UT Surabaya, Kampus C Unair Jl. Mulyorejo Surabaya 60115 Telp. 031 - 5961861, 5961862, Faks. 031 - 5961860; SMS Center. 0895-6170-34951 E-mail: ut-surabaya@ecampus.ut.ac.id Media Sosial : https://www.facebook.com/ut.surabaya ---- https://twitter.com/ut_sby ---->>>>



UPBJJ-UT Surabaya Selenggarakan OSMB Non Pendas 2017/2018.2


Pada masa registrasi 2017/2018.2 jumlah mahasiswa baru program Non Pendas sebanyak 807 orang. Angka ini masih menunjukkan bahwa kepercayaan masyarakat Jawa Timur terhadap UT sangat baik. Sebagai warga civitas akademika baru di lingkungan Universitas Terbuka (UT), mereka perlu diberi bekal awal tentang ke-UT-an sebagai lingkungan akademik. Oleh karena itu, pada hari Sabtu, 3 Februari serta Sabtu dan Minggu, 17 dan 18 Februari 2018 para mahasiswa baru Non Pendas tersebut mengikuti kegiatan Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) sebanyak 3 tahap. OSMB tahap I yang dilaksanakan di Tuban. Sementara itu, OSMB Tahap II dan Tahap III dilaksanakan di salah satu ruang sidang di Gedung Airlangga Concention Centre, Kampus C Unair.



Kegiatan OSMB Tahap II dan III dibuka oleh kepala UPBJJ UT Surabaya, Bpk. Teguh Prakoso, pada pukul 08.15 WIB.  Dalam kata sambutannya, Kepala UPBJJ UT Surabaya mengatakan bahwa OSMB wajib bagi mahasiswa baru UT. Sebelum Kepala UPBJJ UT menyajikan materi, mahasiswa diminta melihat video tentang sapaan Rektor UT pada mahasiswa baru. Dalam sajiannya Kepala UPBJJ juga menjelaskan materi tentang hakikat belajar mandiri, posisi UT sebagai PTN ke-45, struktur organisasi UT, serta pembelajaran jarak jauh. Sistem belajar di UT adalah belajar mandiri, dengan menggunakan fasilitas  media cetak (modul), radio, dan internet (tutorial online). UT juga tidak mengenal Ujian Tengah Semester (UTS). Namun, mereka  yang mengikuti tutorial tatap muka (TTM) dan/atau tutorial online (Tuton) wajib menyelesaikan tiga tugas tutorial. Selain itu, Kepala UPBJJ-UT Surabaya juga mengingatkan para mahasiswa baru, agar dalam mengikuti ujian hendaknya memiliki rasa percaya diri, tidak boleh bawa HP dan yang penting, “jangan ada tim suksesnya,” tandas Kepala UPBJJ-UT Surabaya sambil berkelakar.    



Dalam kedua tahap OSMB di Kota Surabaya, diberikan juga materi dengan tema Semangat Kemandirian Belajar. Pada OSMB Tahap II bertindak sebagai motivator belajar mandiri adalah  Ir. Krisnayana Yahya, M. Sc., yang juga dosen ITS.  Sementara pada OSMB Tahap III bertindak sebagai pemberi penguatan materi belajar mandiri adalah Dr. Endang Sriningsih, M. Si., alumni UT yang juga salah satu Direktur Politeknik di Surabaya. Dalam sajiannya keduanya mengungkapkan bahwa hidup dalam dunia digital mewajibkan orang mempunyai kumunitas, perlu mencari tentor sebagai sumber belajar. Seorang mahasiswa dalam pengembangan diri hanya terjadi kalau tumbuh kemauan, niat, tekad dan kemandirian. Dalam belajar mandiri di era digital, diperlukan kepandaian memanfaatkan sumber dan bahan belajar yang tersedia, mengakses dari bahan sudah tersedia serta perlu mengatur waktu secara tepat, cerdas dan produktif.

Sajian diteruskan oleh Penanggung Jawab Registrasi dan Pengujian serta Penanggung jawab Bantuan Belajar dan Layanan Bahan Ajar. Salah satu paparan penting oleh narasumber secara bergantian adalah kecermatan dalam mengisi indentitas dalam data pribadi, cermat dalam melakukan registrasi, dan bisa memastikan kapan registrasi dimulai dan kapan berakhir. Selain itu, para mahasiswa juga diingatkan agar “jangan menggunakan batas akhir dalam melakukan registrasi pertama maupun mata kuliah/ ulang, termasuk registrasi SUO”. Juga disampaikan sangsi akademik jika mahasiswa melakukan pelanggaran pada saat ujian berlangsung.

Sementara itu, mahasiswa juga harus menguasai filosofi mandiri dalam sistem pendidikan terbuka dan jarak jauh. Mahasiswa pun diberikan tips penting terkait dengan strategi belajar mandiri dalam SPJJ, yakni “CERDAS” (Cerdik, Efektif, Realistis, Determinatif, Akurat, dan Spesifik).



Dalam OSMB kali ini, yang tidak kalah penting adalah sajian terkait Kode Etik UT dan juga Layanan Online. Acara kode etik dipandu oleh Bapak Suparman, sedangkan layanan online dipandu oleh Pak Dwianto Asmara. Acara ini diiukuti secara antusias oleh peserta. Dalam sesi tersebut, mahasiswa dibekali cara melakukan aktivasi untuk tutorial online, sistem informasi kademik, bahan ajar digital, dan toko buku online dengan memanfaatkan telepon seluler mereka.

Sebagai penghujung acara, mahasiswa diberikan penguatan belajar mandiri melalui pembentukan kelompok belajar dengan memaksimalkan grup whats up dan media sosial. Acara dipandu oleh Ibu Tri Dyah Prastiti dan Bapak Adi Suparto. Melalui kegiatan ini, mahasiswa mengenal teman satu program studi sehingga mereka dapat bertukar informasi beragam hal terkait pembelajaran di UT. Setiap grup, terdapat satu admin yang berasal dari dosen UPBJJ-UT Surabaya.



Acara OSMB ditutup oleh Kepala UPBJJ-UT Surabaya Bapak Teguh Prakoso. Dalam sambutanya beliau mengingatkan agar para mahasiswa baru percaya diri dan bangga menjadi mahasiswa UT, karena kualitasnya tidak kalah dengan PTN yang lain.

 

 

 

Kontributor: Abdul Faqih, Sugiran, Pramonoadi, Sodiq Anshori



KEGIATAN KONSOLIDASI PROGRAM UPBJJ-UT SURABAYA

Batu Malang , 10 – 11 Februari 2018


Kegiatan konsolidasi merupakan agenda UPBJJ-UT Surabaya di awal tahun yang bertujuan sebagai upaya meningkatkan kinerja para pegawai UPBJJ-UT Surabaya. Konsolidasi program UPBJJ-UT Surabaya tahun ini diadakan di Kota Batu Malang pada tanggal 10-11 Februari 2018, tepatnya di Hotel Club Bunga yang diikuti oleh semua karyawan UPBJJ-UT Surabaya. Konsolidasi program tahun ini, UPBJJ-UT Surabaya bekerja sama dengan ESQ Ginanjar dengan mengundang Bapak Abdul Haris sebagai motivator. Ketua panitia, Drs. Sulistiyono, M. Pd dalam laporannya menyampaikan bahwa sebagai bentuk apresiasi terhadap komitmen bekerja kita untuk mencapai kesuksesan bersama adalah apa yang kita inginkan, itulah yang kami harapkan. Untuk itu, konsolidasi program menjadi cara yang dipandang efektif sebagai bentuk refleksi, rekreasi, dan apresiasi terhadap komitmen kerja kita yakni “Ayo kerja ikhlas, kerja keras, kerja cerdas, dan kerja tuntas”.



Seperti yang diungkap oleh Kepala UPBJJ-UT Surabaya yakni Teguh Prakoso, S.Pd.,M.Hum di sela-sela membuka secara resmi kegiatan konsolidasi bahwa: “momen seperti ini merupakan cara yang bagus untuk mempererat persaudaraan dalam rangka kerja bersama untuk mencapai tujuan bersama. Kita memang berbeda, kaus kita beberapa warna, tetapi kita sama dalam satu tujuan yakni kerja tuntas”. Bahkan, beliau mengharap lebih semangat lagi dalam bekerja dengan kerja yang ikhlas, kerja keras, kerja cerdas, dan kerja tuntas.



Dalam materi motivasinya, Bapak Abdul Haris mengatakan bahwa yang menentukan semangat kerja adalah diri kita sendiri. Menurutnya, keberhasilan dibutuhkan perjuangan yang digambarkannya seperti filosofi semangat juangnya Ikan Salmon dalam mempertahankan generasinya.   Untuk itu, semangat juang Ikan Salmon yang gigih, pantang menyerah, disiplin, rela berkorban, team work, dan bekerja tanpa pamrih diharapkan dapat menginspirasi para pegawai UPBJJ-UT Surabaya untuk mencapai misinya. Motivasi yang sama juga disampaikan oleh Kepala UPBJJ-UT Surabaya dengan rasa bersyukur bahwa kinerja para pegawai sudah bekerja dengan baik. Hanya saja, kinerja yang sudah baik ini janganlah terganggu agar tujuan bersama dengan komitmen kerja ikhlas, kerja keras, kerja cerdas, dan kerja tuntas semakin optimal.



Kegiatan motivasi dari Bapak Abdul Haris diakhiri dengan pemberian cindera mata oleh Kepala UPBJJ-UT Surabaya dan bersalaman bersama sebagai bentuk ekspresi hati yang tulus akan rasa kebersamaan. Bahkan, totalitas kebersamaan dari segenap pegawai UPBJJ-UT Surabaya semakin terlihat pada agenda acara malamnya yakni acara gala dinner dan berkaraoke bersama. Lagu kemesraan yang dinyanyikan secara bersama-sama pada akhir acara memberikan sentuhan yang dalam terhadap rasa kebersamaan pada semua pegawai UPBJJ-UT Surabaya.


Kontributor: Sulistiyono, Sugiran, Ummah

OSMB Tahap I

FE, FHISIP, FMIPA, FKIP (Non Pendas)

UPBJJ-UT Surabaya

Masa Registrasi 2017/2018.2 di Kabupaten Tuban


Mengawali kegiatan tutorial tatap muka mahasiswa baru Universitas Terbuka, Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ-UT) Surabaya berupa Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) untuk program Non Pendas di PBI Kabupaten Tuban. OSMB diikuti oleh kurang lebih 170-an mahasiswa baru dari FE, FHISIP, FMIPA, FKIP ( Non Pendas ). Karena jumlah mahasiswa baru Non Pendas di UPBJJ-UT Surabaya diatas 880-an, maka kegiatan OSMB ini dilaksanakan di dua wilayah dalam 3 (tiga) tahap.

OSMB tahap pertama dilaksanakan Sabtu, 3 Februari 2018 diikuti oleh 173 orang mahasiswa baru FE , FHISIP dari Pokjar Kab.Tuban. Kegiatan dipusatkan Kampus PBI Kab. Tuban, Jalan Manunggal 14 A, Tuban, yang lebih dikenal sebagai Bumi Wali. Sedangkan OSMB tahap kedua dan ketiga dilaksanakan Sabtu dan Minggu, 16 dan 17 Februari 2018 dan diikuti oleh 700-an orang mahasiswa baru dari Kota Surabaya, dan Kabupaten/ Kota lain selain Tuban. Kegiatan dipusatkan di Kota Surabaya, yakni di Airlangga Convention Centre (ACC), kampus C Universitas Airlangga Surabaya.

 

Kegiatan OSMB yang dilaksanakan sehari dari pukul 07.30 hingga 16.30 ini akan dilanjutkan dengan Kegiatan Pelatihan Kesiapan Belajar Mandiri yang dilaksanakan dihari lain, yang   wajib diikuti oleh  mahasiswa baru Universitas Terbuka dengan tujuan agar mereka: 1. mengenal dan memahami lingkungan UPBJJ - UT dan UT sebagai suatu lingkungan akademis serta memahami mekanisme yang berlaku di dalamnya; 2 menambah wawasan mahasiswa baru dalam penggunaan sarana akademik yang tersedia di UPBJJ - UT secara maksimal; 3. memberikan pemahaman awal tentang wacana kebangsaan serta pendidikan yang mencerdaskan berdasarkan pada nilai - nilai kemanusiaan; 4. mempersiapkan mahasiswa agar mampu belajar mandiri di UT serta mematuhi dan melaksanakan norma - norma yang berlaku di UT, khususnya yang terkait dengan Kode Etik dan Tata Tertib Mahasiswa; 5. menumbuhkan rasa persaudaraan kemanusiaan di kalangan civitas akademika dalam rangka menciptakan lingkungan UPBJJ - UT yang nyaman, tertib, dan dinamis; dan 6. menumbuhkan kesadaran mahasiswa baru akan tanggungjawab akademik dan sosialnya sebagaimana tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Acara secara resmi dibuka oleh Kepala UPBJJ-UT Surabaya, Teguh Prakoso, S.Pd., M.Hum. dan dilanjutkan penyematan jaket almamater disaksikan Ketua DPRD serta segenap Pengurus Pokjar, kepada perwakilan mahasiswa baru. Kepala UPBJJ-UT Surabaya dalam sambutannya menegaskan bahwa kesertaan setiap mahasiswa baru dalam OSMB adalah wajib, agar setiap mahasiswa baru mengenal sistem pendidikan tinggi jarak jauh yang diterapkan di Universitas Terbuka. Selanjutnya dilanjutkan Kuliah Umum dengan tema : Pembinaan Kesadaran Bela Negara oleh Ketua DPRD Kabupaten Tuban, HM. Miyadi, S.Ag.,MM. Selanjutnya, Bapak Teguh menyajikan materi tentang ke -UT-an dan Pendidikan Jarak Jauh, Konsep PTJJ, Operasional UT sebagai PTJJ.

Materi  Belajar Mandiri, Bantuan Belajar dan Layanan Bahan Ajar; Registrasi dan Ujian; Kegiatan Kemahasiswaan;  dan Layanan Online. Materi-materi tersebut disajikan Drs. Dwi Sambada, M.Pd. (Koord. BBLBA); Drs Abas Asmono; dan Dwianto Asmara, S.Kom (ICT). Yang spesifik pada OSMB kali ini adalah, sajian materi dan praktik terkait Tutorial Online (Tuton) dan Aplikasi Bahan Ajar Digital (BA digital ). Materi ini secara khusus disiapkan dan ditawarkan UT serta menjadi kegiatan yang cukup menarik dan baru bagi mahasiswa UT. Melalui sajian dan praktik BA-Digital ini diharapkan setiap mahasiswa Pendas dapat mengakses dan mengunduh secara gratis layanan BA-Digital serta menyimpannya di dalam mobile phone (HP) masing-masing melalui Google Play Store. Jika setiap mahasiswa sudah memiliki BA-Digital di HP-Android masing-masing, mereka akan dapat membukanya kapan saja dan dimana saja tanpa membutuhkan koneksi internet (akses offline), karena secara substantif isi atau konten BA-Digital tersebut sama dengan BA-Cetak (Modul).

 

Pasca sajian materi, acara dilanjutkan dengan sesi hiburan musik dan demo beladiri Pencak Silat dari mahasiswa Program Bidikmisi yang cukup menegangkan dengan atraksi pecah batako dengan tangan kosong.  Sebagai penutup acara ditampilkan testimoni dari Mahasiswa Pascasarjana UT yang menjabat Direktur RS Muhammadiyah Tuban, yang hampir lulus dengan prestasi yang membanggakan. Kepala UPBJJ UT Surabaya menutup  secara resmi pelaksanaan OSMB perdana UPBJJ UT Surabaya di PBI Kab. Tuban.

 

Belajar secara  mandiri, merupakan ujung tombak keberhasilan studi di UT.

 

Kontributor : Dwi Sambada & Abas Asmono.

 

 

Kegiatan OSMB yang dilaksanakan sehari dari pukul 07.30 hingga 16.30 ini akan dilanjutkan dengan Kegiatan Pelatihan Kesiapan Belajar Mandiri yang dilaksanakan dihari lain, yang   wajib diikuti oleh  mahasiswa baru Universitas Terbuka dengan tujuan agar mereka: 1. mengenal dan memahami lingkungan UPBJJ - UT dan UT sebagai suatu lingkungan akademis serta memahami mekanisme yang berlaku di dalamnya; 2 menambah wawasan mahasiswa baru dalam penggunaan sarana akademik yang tersedia di UPBJJ - UT secara maksimal; 3. memberikan pemahaman awal tentang wacana kebangsaan serta pendidikan yang mencerdaskan berdasarkan pada nilai - nilai kemanusiaan; 4. mempersiapkan mahasiswa agar mampu belajar mandiri di UT serta mematuhi dan melaksanakan norma - norma yang berlaku di UT, khususnya yang terkait dengan Kode Etik dan Tata Tertib Mahasiswa; 5. menumbuhkan rasa persaudaraan kemanusiaan di kalangan civitas akademika dalam rangka menciptakan lingkungan UPBJJ - UT yang nyaman, tertib, dan dinamis; dan 6. menumbuhkan kesadaran mahasiswa baru akan tanggungjawab akademik dan sosialnya sebagaimana tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi.

UNIVERSITAS TERBUKA BANTU SISWA MENGGAPAI CITA-CITA

MELALUI PENDIDIKAN JARAK JAUH

 

SOSIALISASI UT DI SMK ANTARTIKA 2 SIDOARJO


 

Pendidikan merupakan salah satu tonggak penting bagi terwujudnya jiwa-jiwa sosial, intelektual, moralitas dan sikap taat agama, serta dedikasi yang tinggi terhadap kepentingan pembangunan bangsa khususnya pembangunan SDM. Fakta membuktikan bahwa persentase penduduk Indonesia yang berkesempatan untuk mengenyam pendidikan di perguruan tinggi sangatlah kecil. Data pada 2016 menunjukkan bahwa baru ada 8% dari total populasi negeri ini yang bergelar sarjana. Ini artinya, meskipun jumlah siswa SMA-SMK-MA sangat banyak, mereka yang memilih untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi tergolong sedikit.

Terkait dengan hal tersebut, Universitas Terbuka UPBJJ Surabaya sebagai bagian penting dari Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Jawa Timur melaksanakan perannya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Pada hari Senin, 29 Januari 2018 Tim Sosprom UT melakukan kunjungan ke SMK Antartika 2 Sidoarjo dalam kemasan sosialisasi dan promosi Universitas Terbuka. Tujuan dari kegiatan ini adalah mengenalkan UT kepada masyarakat luas khususnya para siswa menjelang kelulusan, yakni siswa kelas XII SMK Antartika 2 Sidoarjo. Dengan kegiatan ini diharapkan para siswa dapat lebih mengenal UT sebagai salah satu pilihan studi lanjut yang berkualitas dan kredibel.

 

Tiba di lokasi SMK Antartika 2 Sidoarjo, Tim Sosprom Universitas Terbuka, Bapak Adi Suparto dan Ibu Barokah Widuroyekti diterima langsung oleh Kepala SMK Antartika 2, Bapak Imam Jawahir, S.Pd., MM yang juga alumni Universitas Terbuka UPBJJ-UT Surabaya. Selain Kepala Sekolah juga hadir beberapa guru wali dan seorang guru BK, Ibu Rastra Amirotul Haq. Tim Sosprom UT langsung menuju ruang aula yang cukup besar dengan kapasitas 1700 orang. Di aula ternyata para siswa kelas XII yang berjumlah kurang lebih 600 orang telah siap menerima informasi tentang Universitas Terbuka. Acara sosialisasi ini dihantarkan langsung oleh Bpk Imam Jawahir selaku kepala sekolah yang mengenalkan UT UPBJJ Surabaya. Pak Imam sangat paham tentang UT karena beliau alumni UT yang sudah sangat mengenal keunggulan-keunggulan UT sebagai Perguruan Tinggi Negeri dengan system belajar jarak jauh.

Selama kurang lebih 90 menit Tim Sosprom diberi kesempatan untuk memaparkan visi, misi, serta program-program UT. Secara bergantian tim memulai menyajikan materi berupa penyampaian informasi tentang UT. Dimulai dari pengenalan, status, akreditasi, fakultas, dan program studi yang tersedia, sistem belajar dan ujian, syarat-syarat menjadi mahasiswa, serta mengenalkan beberapa alumni UT yang menjadi tokoh dan pimpinan di negeri ini.

 

Para siswa tampak sangat antusias mendengarkan penjelasan dari Tim Sosprom UT-UPBJJ Surabaya. Di sela pemberian informasi, para siswa mengajukan pertanyaan sehingga terjadi dialog interaktif yang dinamis dengan para siswa. Tampak dalam gambar, beberapa siswa maju untuk mengajukan pertanyaan. Selain itu, pada akhir acara para siswa masih banyak yang datang mendekat pada tim sosprom menanyakan beberapa hal terkait UT yang belum dipahami atau meminta penjelasan ulang.

Pada akhir sajian, Tim Sosprom menegaskan kembali tentang berbagai kelebihan dan keunggulan yang dimiliki Universitas Terbuka. Lebih lanjut Tim Sosprom menghimbau “jika kalian ingin tetap bersama SMK Antartika 2, silakan kuliah di UT dan jika jumlah mahasiswa lebih dari 50 orang maka perkuliahan UT bisa dilaksanakan di tempat ini. Kami ingin mengantarkan kesuksesan kalian berangkat dari sekolah ini dan terus maju bersama UT juga disini. Mendapat informasi yang demikian, peserta sangat senang dan tampak antusias. Harapan ke depan, informasi dan motivasi yang mereka terima dapat berlanjut dan teralisasi menjadi warga baru sebagai mahasiswa UT. Aamiin.

Sebelum Tim Sosprom kembali ke kantor UPBJJ-UT, sejenak berfoto bersama Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah bidang kesiswaan, Pengurus Osis dan peserta lainnya.

Kontributor: Adi Suparto, Barokah Widuroyekti


PARTISIPASI UPBJJ-UT SURABAYA DALAM KEGIATAN

PAMERAN PENDIDIKAN DI KABUPATEN SUMENEP

 

Unit Program Belajar Jarak Jauh-UT (UPBJJ-UT) Surabaya ikut berpartisipasi dalam acara Pameran Pendidikan yang diselenggarakan di Kabupaten Sumenep-Madura Jawa Timur pada Senin, 29 Januari 2018 di Gedung ADI PODAI di Jalan Raya Sumenep.

Acara pameran ini bertemakan “Pameran Pendidikan Tinggi dan Profesi” yang diselenggarakan oleh Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK) SMA/SMK Negeri dan swasta se-Kabupaten Sumenep. Pameran ini diikuti oleh Universitas, Sekolah Tinggi dan Akademi yang ada di wilayah Madura khususnya, serta PT dari Surabaya, Jombang, dan Gresik.

Acara Pameran dimulai pukul 08.00 WIB dengan diawali dengan Pembukaan, Sambutan Ketua Panitia, Sambutan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Profinsi Jawa Timur ( Drs. Slamet Kustiantoko, M.Si), kemudian dilanjutkan dengan Sambutan sekaligus pembukaan oleh Bupati Sumenep (KH. Busyro Karim, M.Si).


 

Dalam acara pembukaan, lebih dahulu diawali dengan acara kesenian yang ditampilkan oleh para siswa dari beberapa sekolah. Pembukaan pameran ini dihadiri oleh para undangan dari unsur pimpinan lembaga di Kabupaten Sumenep dan seluruh siswa kelas XII SMA/SMK Negeri / Swasta se-Kabupaten Sumenep. Dalam Sambutannya, Bupati Kabupaten Sumenep berharap agar Peserta Pameran memberikan informasi yang jelas pada para pengunjung agar para siswa dapat memilih dengan benar jurusan/bidang ilmu yang sesuai dengan minat dan bakatnya masing-masing nantinya di Perguruan Tinggi.

Pelaksanaan pameran ini diawali dengan masuknya Bapak Bupati beserta rombongan ke arena pameran, kemudian dilanjutkan dengan masuknya para siswa dari masing-masing sekolah ke arena pameran sesuai dengan nomor urut masing-masing sekolah. Acara pameran ini berlangsung sangat meriah dan antusiasme yang datang dari para siswa. Hal ini dapat dilihat dari para pengunjung di stand pameran UT, mereka selalu menanyakan beberapa hal di antaranya: apa saja program studi yang ada di UT, UT negeri atau swasta, bidang kerja di masyarakat untuk lulusan UT, dan beasiswa yang disediakan oleh UT. Alhamdulilla semua pertanyaan tersebut dapat dijawab dengan baik tanpa rekayasa oleh tim-sosprom UT yang dikomandani Drs. Abdul Malik, M.Pd dibantu dari Staf Administrasi Bapak Sukardi dan Pengurus Pokjar serta beberapa mahasiswa di Sumenep.

 


 

 

Kontributor : Abdul Malik, Sukardi.

 

KEGIATAN SOSPROM UNIVERSITAS TERBUKA 2018

DI KABUPATEN BOJONEGORO


Di awal tahun 2018 ini, UPBJJ UT Surabaya telah beberapa kali mengadakan sosprom di berbagi daerah wilayah UPBJJ Surabaya. Untuk kali ini kegiatan dilaksanakan di Bojonegoro dengan tujuan agar masyarakat Bojonegoro lebih dalam mengenal Universitas Terbuka dan menarik minat masyarakat Bojonegoro untuk masuk Universitas Terbuka. Adapun secara garis besar kegiatan sosprom dalam bentuk penyampaian informasi yang berkaitan dengan Universitas Terbuka meliputi: sistem pendidikan; layanan administrasi akademik (registrasi) dan akademik (program pendidikan, sistem pendidikan, evaluasi hasil belajar) serta biaya pendidikan.

UPBJJ UT Surabaya bukan pertama kalinya melakukan kegiatan pameran pendidikan dan informasi yang diadakan oleh Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK) SMA Negeri / Swasta se Kab. Bojonegoro. Kegiatan kali ini betempat di Gedung Islamic Centre Jl. Panglima Polim Bojonegoro.

Pameran dibuka tepat pukul 08.00 oleh Bapak Drs. Kusnadi MM selaku Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur wilayah Bojonegoro. Dalam sambutanya beliau mengatakan agar para siswa /pengunjung memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya. Mintalah penjelasan yang sejelas-jelasnya, agar pada waktu memilih jurusan diperguruan tinggi tidak salah.

Pameran kali ini diikuti peserta dari berbagai pergguruan Tinggi sejumlah 65, yang terdiri atas 64 pergeruan tinggi swasta dan 1 perguruan tinggi negeri. Pengunjung dikondisikan agar semua sekolah SLTA negeri maupun swasta yang berada di wilayah Kabupaten Bojonegoro untuk mengirimkan siswa kelas 12 untuk datang di arena pameran. Untuk mengantisipasi membludaknya pengunjung di waktu yang bersamaan maka panitia membagi waktu berkunjung menjadi dua tahap. Tahap pertama kelompok pagi dari jam 08.00 sampai 10.30 dan kelompok siang dari jam 10.30 sampai selesai.

Media yang digunakan UT untuk menarik perhatian pengunjung terdiri atas media cetak/ pembagian brosur, media elektronik /LCD proyektor dan pemberian sovenir/ gantungan kunci, tas, pensil, payung, foto berlatar belakang booth UT. Kegiatan Sosprom yang dilakukan UPBJJ UT Surabaya di Bojonegoro meliputi, penyampaian informasi secara lesan dalam bentuk tanya jawab dengan pengunjung, pembagian brosur, pemasangan banner, pembagian gantungan kunci serta pemutaran video tentang ke UT an.

Kegiatan sosprom Universitas Terbuka mendapatkan tanggapan yang positif dari pengunjung. Hal ini dibuktikan banyaknya pengunjung yang hadir di stan UT. Mereka berupaya mendapatkan informasi tentang UT yang diberikan oleh para narasumber dari UPBJJ UT Surabaya. Selain itu, banyaknya tanggapan dan pertanyaan dari para pengunjung menunjukkan bahwa mereka antusias untuk memahami tentang program-program Universitas Terbuka.

Harapan bersama, Kegiatan Sosialisasi dan Promosi serta Pameran Pendidikan di Kabupaten Bojonegoro yang berlangsung dengan baik akan mendapatkan tanggapan positif baik para siswa dan guru BK yang hadir di pameran pendidikan.


(Kontributor: Sugiran, Abdul Faqih, Eko Priyono)


 

 

UPBJJ-UT Surabaya

Berpartisipasi pada Acara Edu Fair 2018

di Kota Mojokerto

 

UPBJJ-UT Surabaya berpartisispasi dalam acara Edu Fair 2018 yang diselenggarakan oleh Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK) SMA/SMK Negeri/Swasta Kabupaten/Kota Mojokerto pada hari Rabu, 24 Januari 2018 mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 14.00 WIB bertempat di Gedung Astoria Convention Hall, Jalan Empu Nala No. 347 Kota Mojokerto. Kegiatan Edu Fair  2018 di Kabupaten/Kota Mojokerto diikuti 68 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta se Jawa Timur dan Yogyakarta.

Tema dari acara ini adalah: “Siswa sukses memilih jurusan dan Perguruan Tinggi sesuai dengan bakat dan minat serta kemampuan”. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan layanan informasai kepada peserta didik , khususnya para siswa/siswi kelas XII SMA/SMK Negeri dan Swasta di wilayah Kabupaten/Kota Mojokerto dan orang tua tentang Perguruan Tinggi.

Acara dibuka pada pukul 08.00 oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah kota Mojokerto Bapak Mariyono, S.Sos. Dalam sambutannya beliau menyampikan bahwa siswa-siswi SMA/SMK se wilayah Kabupaten/Kota Mojokerto perlu mendapatkan informasi yang valid dan akurat tentang Perguruan Tinggi, langsung dari sumbernya. Beliau juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Perguruan Tinggi peseta Edu Fair 2018 atas partisipasinya dalam acara ini.

Pada kegiatan Education Fair 2018 Kota Mojokerto UPBJJ UT Surabaya ikut berpartisipasi dengan stand nomor 61. Keikutsertaan UPBJJ UT Surabaya ini dalam rangka sosprom guna meningkatkan jumlah mahasiswa. Tim UPBJJ UT Surabaya yang terdiri dari Drs. Soeharmadji, Drs. Pramonoadi, M.Pd, Aditya Putra Pratama dibantu pengurus Pokjar Kab./Kota Mojokerto dan 15 mahasiswa Bidikmisi. Dalam kegiatan tersebut UT menampilkan tayangan terkait UT sebagai Pendidikan Tinggi Terbuka Jarak Jauh dengan menggunakan media LCD. Di samping nonton video tentang UT pengunjung juga mendapatkan penjelasan dari mahasiswa Bidikmisi tentang pengalamannya belajar di UT. Di samping itu, pengunjung juga mendapat brosur, dan souvenir berupa gantungan kunci. Stand UT termasuk yang banyak dikunjungi siswa/siswi serta orang tua bahkan sampai menjelang pukul 14.00 stand UT masih banyak pengunjung. Semoga dengan keikutsertaan UPBJJ UT Surabaya dalam kegiatan Edu Fair 2018 Kabupaten/Kota Mojokerto jumlah mahasiswa akan meningkat. Amin.


(Kontributor: Pramonoadi, Soeharmadji, Aditya)



 

Berita Terbaru

UPBJJ-UT Surabaya Selenggarakan OSMB Non Pendas 20...


UPBJJ-UT Surabaya Selenggarakan OSMB Non Pendas 2017/2018.2
Pada masa registrasi 2017/2018.2 jumlah mahasiswa baru program Non Pendas sebanyak 807 orang. Angka ini masih menunjukkan bahwa kepercayaan masyarakat Jawa Timur terhadap UT sangat baik [ ... ]

KEGIATAN KONSOLIDASI PROGRAM UPBJJ-UT SURABAYA Bat...

KEGIATAN KONSOLIDASI PROGRAM UPBJJ-UT SURABAYA Batu Malang , 10 – 11 Februari 2018
Kegiatan konsolidasi merupakan agenda UPBJJ-UT Surabaya di awal tahun yang bertujuan sebagai upaya meningkatkan kinerja para pegawai UPBJJ-UT Surabaya. Konsolida [ ... ]

Orientasi Studi Mahasiswa Baru Tahap I FE, FHISIP,...

OSMB Tahap I FE, FHISIP, FMIPA, FKIP (Non Pendas) UPBJJ-UT Surabaya Masa Registrasi 2017/2018.2 di Kabupaten Tuban
Mengawali kegiatan tutorial tatap muka mahasiswa baru Universitas Terbuka, Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ-UT) Surabaya  [ ... ]

UNIVERSITAS TERBUKA BANTU SISWA MENGGAPAI CITA-CIT...

UNIVERSITAS TERBUKA BANTU SISWA MENGGAPAI CITA-CITA MELALUI PENDIDIKAN JARAK JAUH   SOSIALISASI UT DI SMK ANTARTIKA 2 SIDOARJO
  Pendidikan merupakan salah satu tonggak penting bagi terwujudnya jiwa-jiwa sosial, intelektual, moralit [ ... ]

PARTISIPASI UPBJJ-UT SURABAYA DALAM KEGIATAN PAMER...

PARTISIPASI UPBJJ-UT SURABAYA DALAM KEGIATAN PAMERAN PENDIDIKAN DI KABUPATEN SUMENEP   Unit Program Belajar Jarak Jauh-UT (UPBJJ-UT) Surabaya ikut berpartisipasi dalam acara Pameran Pendidikan yang diselenggarakan di Kabupaten Sumenep-Madu [ ... ]

KEGIATAN SOSPROM UNIVERSITAS TERBUKA 2018 DI KABU...

  KEGIATAN SOSPROM UNIVERSITAS TERBUKA 2018 DI KABUPATEN BOJONEGORO
Di awal tahun 2018 ini, UPBJJ UT Surabaya telah beberapa kali mengadakan sosprom di berbagi daerah wilayah UPBJJ Surabaya. Untuk kali ini kegiatan dilaksanakan di Bojonego [ ... ]

UPBJJ-UT SURABAYA BERPARTISIPASI PADA ACARA EDU FA...

  UPBJJ-UT Surabaya Berpartisipasi pada Acara Edu Fair 2018 di Kota Mojokerto   UPBJJ-UT Surabaya berpartisispasi dalam acara Edu Fair 2018 yang diselenggarakan oleh Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK) SMA/SMK Negeri/Sw [ ... ]

Pengumuman

JADWAL KEGIATAN PELATIHAN KETERAMPILAN BELAJAR MAN...
JADWAL KEGIATAN PELATIHAN KETERAMPILAN BELAJAR MANDIRI (PKBM) PROGRAM NON-PENDAS MASA 2017/2018.2 (2018.1)

Jadwal Kegiatan Pelatihan Keterampilan Belajar Mandiri (PKBM) Mahasiswa Baru Pr [ ... ]

Daftar Peserta SUO UJUL NonPendas 2017/2018.2 (2...
Daftar Peserta  SUO UJUL NonPendas  2017/2018.2 (2018.1)

Daftar Peserta  SUO Ujian Ulang (UJUL) NonPendas  2017/2018.2 (2018.1) [ ... ]

Jadwal Pelaksanaan Ujian SUO NonPendas dan Pendas ...

Jadwal Pelaksanaan Ujian SUO NonPendas dan Pendas Masa 2017/2018.2 (2018.1)

 [ ... ]

ORIENTASI STUDI MAHASISWA BARU (OSMB) MAHASISWA FE...

Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) Mahasiswa FE, FHISIP, FMIPA, FKIP Non-PGS [ ... ]

DAFTAR MAHASISWA YANG TERJARING TUGAS REMEDIAL 201...

DAFTAR NAMA MAHASISWA FMIPA, FEKON, FHISIP, FKIP NON-PGSD/PGPAUD YANG TERJARIN [ ... ]

DAFTAR NAMA PESERTA YUDISIUM PERIODE III TAHUN AKA...
DAFTAR NAMA PESERTA YUDISIUM PERIODE III TAHUN AKADEMIK 2017/2018 UNIVERSITAS TERBUKA

DAFTAR NAMA PESERTA YUDISIUM PERIODE III TAHUN AKADEMIK 2017/2018 UNIVERSITAS  [ ... ]

UPACARA PENYERAHAN IJAZAH 2017/2018.2

"PENGUMUMAN" Upacara Penyerahan Ijazah (UPI) 2017/2018.2     Sehub [ ... ]

 

 33th-ut 

laman kit

laman tutor

lmn mahasiswa

lmn pokjar

Follow Us : facebook  twitter  feed  google