Loading…
  • 0
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5


 

 

Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas) tahun 2017

di UPBJJ-UT Surabaya


Serangkaian kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas) yang telah dimulai pelaksanaannya tanggal 1 Juli 2017, Sabtu – Senin, 11-13 November 2017 dilakukan kegiatan Monev oleh UT Pusat yang diwakili oleh bapak Ir. Tengku Edward Aswar Sinar, MA. UPBJJ-UT Surabaya pada tahun anggaran 2017 lolos 4 Proposal Abdimas yang didanai oleh UT Pusat dengan rancangan kegiatan yang variatif dan tempat yang berbeda.

Monev dimulai dari Surabaya pukul 09.00 pagi di SDN Mulyorejo I yang mengadakan Abdimas tentang Penggunaan E-learning berbasis Media Sosial Edmodo. Salah satu model pembelajaran yang dikembangkan berbasis internet adalah cyber atau electronic learning (e-learning). Edmodo adalah salah satu jenis platform e-learning yang didirikan pada tahun 2008 oleh Nicolas Brog dan Jeff O’Hara. Edmodo menyediakan cara yang aman dan mudah untuk berkomunikasi dan berkolaborasi antara siswa dan guru, berbagai konten berupa teks, gambar link, video maupun audio.

abdimas bojonegoro 1

Edmodo bertujuan untuk membantu pendidik memanfaatkan fasilitas social networking sesuai dengan kondisi pembelajaran di kelas. Edmodo memiliki desain yang hampir sama dengan media sosial facebook, hal ini membuat Edmodo menjadi pilihan bagi para pengajar (Guru) untuk menerapkannya sebagai media pembelajaran elektronik karena mudah cara pengoperasiannya, semua orang dapat mengaksesnya apabila sudah memiliki akun Edmodo. Edmodo memiliki fitur-fitur yang hampir sama dengan facebook, dari segi kerahasiaan Edmodo lebih bersifat privasi (Ainiyah, 2015).

abdimas bojonegoro 2

Berdasarkan analisis situasi masyarakat MITRA dalam hal ini Guru di SD Negeri Mulyorejo I Surabaya, maka kegiatan pengabdian kepada masyarakat dosen Universitas Terbuka UPBJJ Surabaya tahun 2017 adalah pelatihan penggunaan E-learning berbasis media sosial Edmodo. Para guru SD ini dilatih dan diperkenalkan dengan model pembelajaran yang menggunakan IT. Abdimas di Surabaya ini diketuai oleh Ir. Dwi Iriyani, M. Pd. Kegiatan seperti ini sangat perlu dikuasai para guru di era perkembangan IPTEK yang melesat pesat harus dikuasai oleh bapak dan ibu guru SD sebagai lembaga formal tingkat dasar yang akan membawa anak didik ke jenjang pendidikan selanjutnya yang lebih tinggi, modern dan berkarakter Indonesia.

abdimas bojonegoro 3

Pada kesempatan ini tim abdimas UT menyerahkan satu Unit Printer type Hp Deskjet 1010 yang diserahkan oleh Ketua Tim Abdimas kepada Kepala Sekolah yaitu Bapak Drs. Imam Suryadi. Produk akhir dari kegiatan abdimas ini adalah guru dapat memberikan informasi atau bahan ajar kepada siswanya melalui Edmodo. Guru yang sudah menyelesaikan tugasnya diberikan sertifikat sebagai peserta pelatihan.

Selanjutnya Reviewer bapak Ir. Tengku Edward Aswar Sinar, M.A., melanjutkan monev pelaksanaan Abdimas untuk kelompok kedua yang diketuai Dra. Wuwuh Asrining Surasmi, M. Pd di kota Bojonegoro terkait dengan kegiatan Abdimas berupa Pelatihan Perancangan Kegiatan Laboratorium untuk para Guru SD dilakukan di SD-Kreatif Tempel Sukorejo Bojonegoro yang berlokasi di dalam kampus UT Pokjar Bojonegoro yang mana bpk Dr. H. M. Soekarni S, M.M, juga sebagai salah satu pengurus pokjar. Peserta dirancang untuk 22 guru namun sebagian bertepatan dengan pelatihan pendampingan kurikulum 2013 oleh Pemerintah sehingga peserta yang mengikuti sampai tuntas sebanyak 15 orang guru dan 2 Kepala Sekolah begitu menikmati dan mengikuti dengan antusias. Pelatihan dibuka oleh Ketua dimulai pukul 08.00 WIB dengan melakukan modeling, praktek langsung tentang kegiatan Praktikum yang berbasis saintifik sesuai dengan kurikulum 2013 yang dicanangkan oleh pemerintah.

abdimas bojonegoro 4

Kegiatan pelatihan dengan mengusung alat-alat untuk SD yang tersedia di kehidupan sehari hari (bersifat CTL/ contextual teaching and learning) ternyata menarik dan mendekatkan anak didik kepada dunia nyata. Para guru SD merasa terbantu dengan menggunakan alat-alat yang tersedia disekitar kita dan murah serta mudah membelinya, sehingga meskipun setting alat tersebut belum disediakan oleh pemerintah namun dengan kreatifitas para guru kegiatan ilmiah untuk belajar sebagaimana para ilmuwan belajar tetap dapat dilaksanakan. Bertahan dalam keterbatasan dan berkreasi dalam kesempitan perlu terus di tumbuhkembangkan kepada para guru sebagai Pendekar Pendidik generasi emas bangsa ini. “Jangan berhenti berkreasi dan mengejawantahkan ide-ide sederhana tapi brilliant” begitu saran yang disampaikan oleh anggota Abdimas Drs. Dwikoranto, M. Pd sambil melatih guru-guru memberdayakan peralatan dan bahan laboratorium yang tersedia.

Pelatihan berakhir pukul 15.00 dan peserta memperoleh penugasan untuk merancang LKS dengan topik-topik tertentu sesuai dengan kelas yang diampu dan akan didiskusikan pada pertemuan berikutnya yang disepakati bersama. Setelah LKS rancangan bapak dan ibu guru SD Kreatif ini jadi, maka akan dilanjutkan dengan Implementasi di kelas riil oleh bapak ibu guru pengampu.

Dalam foto tampak bapak Ir. Tengku Edward Aswar Sinar, M.A, tengah berbincang dan bertanya jawab dengan team pelaksana Ketua Ibu Wuwuh AS dan salah satu anggota Bpk Dwikoranto mengenai seputar topik abdimas yang diambil, kendala dilapangan, cara mengatasinya dan keberlanjutannya.

abdimas bojonegoro 5

Pelatihan perancangan LKS oleh guru-guru SD Kreatif di Pokjar Bojonegoro telah selesai dilaksanakan dan menghasilkan karya berupa LKS. Monev selanjutnya pada Minggu 12 Nopember 2017, bapak Ir. Tengku Edward Aswar Sinar, M.A melanjutkan kegiatan monev Abdimas di Kabupaten Madiun.

Pelaksanaan Abdimas di Dusun Pintu Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun yaitu Pengolahan Belimbing Wuluh (Averrhoa bilimbi) secara Variatif untuk Meningkatkan Kesejahteraan Warga Marjinal Dusun Pintu Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun. Jumlah peserta Abdimas adalah 34 orang, 4 orang dari Dosen Universitas Terbuka UPBJJ Surabaya dan 1 orang Mahasiswa Universitas Terbuka Prodi Perpustakaan, sedangkan 29 orang dari Warga Dusun Pintu Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun. Pengabdian Masyarakat ini telah dilaksanakan pada tanggal 10 September 2017 dan 24 September 2017. Pada tanggal 10 September 2017 dengan kegiatan tentang Penyuluhan Budidaya Tanaman Belimbing Wuluh, Perawatan serta Pemanenan dan khasiatnya.

Pelaksanaan Abdimas dilanjutkan tanggal 24 September 2017, dengan kegiatan praktek, berupa praktek pembuatan asam-asam daging dan manisan belimbing wuluh. Peserta sangat antusias dalam mempratekkan pembuatan asam-asam daging ini. Cara membuat asam-asam daging adalah daging direbus sampai lunak. Kemudian bumbu-bumbu bawang merah, bawang putih, cabai kecil, cabai hijau, bawang bombay diiris-iris kemudian ditumis setelah harum dimasukkan pada panci yang berisi kaldu dan irisan daging, lalu dimasukkan irisan tomat, daun kedondong, daun salam dan lengkuas, garam serta gula merah secukupnya. Kemudian pelaksanaan praktek dilanjutkan dengan pembuatan manisan belimbing wuluh (basah).

Abdimas di Dusun Pintu Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun juga dimonitoring dari UT pusat Bapak Ir. Tengku Edward Aswar Sinar, M.A. Praktek yang dilaksanakan adalah pembuatan sirup dari Belimbing Wuluh dan rujak pasah.

abdimas bojonegoro 6

Dengan dilaksanakan Abdimas untuk Warga Marjinal Dusun Pintu Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun, memanfaatkan Belimbing Wuluh yang dipadu dengan bahan-bahan yang lain diharapkan dapat meningkatkan taraf ekonomi mereka yang sebagian besar mata pencahariannya adalah petani/buruh tani. Untuk selanjutnya jika tanaman belimbing wuluh yang terawat dengan baik sehingga menghasilkan buah yang bagus serta hasilnya dibuat makanan ataupun minuman yang bisa berupa bermacam lauk, rujak serut, sirup maupun manisan dapat dijual di masyarakat, seperti dijual di warung-warung, di pasar, acara PKK atau Dharma Wanita ataupun Acara Car Freeday.

Pada akhir acara Tim Abdimas menyerahkan Alat Oven untuk dipakai warga melalui Ketu RT Bapak Sutoyo,S.Pd yang disaksikan juga Pemonev dari UT Pusat.

Kontributor: Dwi Iriani, Wuwuh Asrining Surasmi, Sri Tresnaningsih.


 

 

 

Pelantikan Kepala Sub Bagian Tata Usaha UPBJJ UT Surabaya


Pelantikan Pejabat baru di lingkungan UPBJJ UT Surabaya dilakukan oleh Kepala UPBJJ UT Surabaya, Teguh Prakoso, S.Pd.,M.Hum pada Senin, 13 November 2017. Dalam acara tersebut, Mujono, SE dilantik sebagai Kasubbag Tata Usaha periode 2017-2021 menggantikan pejabat lama Sudewo, S.IP. yang telah berakhir masa jabatannya pada 6 November 2017. Pelantikan yang dilakukan oleh Kepala UPBJJ-UT Surabaya, Teguh Prakoso, S.Pd.,M.Hum merupakan pelantikan yang keempat kali selama periode kepemimpinannya, merupakan pelantikan yang lengkap pada sebuah institusi Universitas Terbuka.

pelantikan kasubag pak jono

 

Pengambilan sumpah jabatan didampingi oleh rokhaniwan Drs. Husni, M.Si. dan diikuti oleh seluruh pegawai UPBJJ-UT Surabaya. Setelah pengambilan sumpah, acara dilanjutkan dengan acara penandatanganan berita acara serah terima dan pelantikan. Bertindak sebagai saksi adalah Koordinator Bantuan Belajar dan Layanan Bahan Ajar (BBLBA) dan Koordinator Registrasi dan Pengujian (Regjian). Pelantikan dan serah terima jabatan berjalan lancar, tertib, dan hikmad. Pembacaan naskah pemberhentian dan pengangkatan pejabat baru dibacakan oleh Dra. Barokah Widuroyekti, M.Pd. Koordinator Regjian UPBJJ-UT Surabaya. Naskah pelantikan dibacakan oleh Kepala UPBJJ UT Surabaya. Pada acara pelantikan dan serah terima jabatan gema lagu Indonesia Raya yang dinyanyikan bersama menambah suasana pelantikan semakin menggelorakan jiwa untuk bekerja lebih baik.

pelantikan kasubag pak jono 1

Setelah mengukuhkan, dalam sambutannya Kepala UPBJJ-UT Surabaya, Teguh Prakoso, S.Pd, M.Hum berpesan, “Jadilah pejabat yang patuh pada institusi, pada lembaga, ada tidak ada pimpinan harus tetap bekerja dengan baik, bertanggung jawab serta berikan separuh waktunya untuk pembangunan bangsa Indonesia khususnya pada institusi UT tercinta”. Beliau, juga mengingatkan bahwa “ Prestasi UPBJJ-UT Surabaya yang mendapat predikat terbaik nomor 1 UPBJJ-UT se-Indonesia di tahun 2017 ini merupakan hasil kerja keras dan dukungan semua pegawai. Sebuah bukti bahwa dukungan yang baik ditunjukkan dengan hadirnya semua pegawai dalam pelantikan. Untuk itu, kinerja yang sudah baik dan gelora kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas, dan kerja ikhlas yang sudah terbentuk tetap kita pertahankan”.

Pada akhir sambutannya, Kepala UPBJJ-UT Surabaya berharap pejabat yang baru dapat melanjutkan kinerja yang baik dari Kasubbag Tata Usaha yang lama yakni Sudewo, S.IP. sehingga UPBJJ-UT Surabaya tetap memberikan layanan prima dalam sistem operasional UT, selalu terdepan dalam memberikan bimbingan kepada mahasiswa, senantiasa menjalin silaturahmi dengan mitra kerja, dan menjadi rujukan bagi warga Jawa Timur untuk menempuh studi di perguruan tinggi.

pelantikan kasubag pak jono 2

 

Acara pelantikan dan serah terima jabatan diakhiri dengan ucapan selamat serta pemberian dukungan dari seluruh pegawai UPBJJ-UT Surabaya agar UPBJJ-UT Surabaya tetap berkibar dan harapan pimpinan pejabat baru bekerja baik seperti biasanya.

Kontributor : Sugiran




 

UPACARA PENYERAHAN IJAZAH UPBJJ – UT SURABAYA

PERIODE 2017/2018.1 TANGGAL 24-25 OKTOBER 2017

 

Surabaya. Unit Program Belajar Jarak Jauh –Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) menyelenggarakan UPI selama dua hari pada Selasa-Rabu, tanggal, 24-25 Oktober 2017 bertempat di Graha Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya.

Pada hari pertama Selasa, 24 Oktober 2017 diselenggarakan seminar Nasional yang mengangkat tema UT “Membangun Karakter Mandiri Bangsa”, dengan nara sumber Prof. Dr. Ir. KH. Mohammad Nuh, DEA., mantan Rektor ITS, mantan Mendiknas, dan banyak lagi jabatan penting dipemerintahan ini memberi judul paparannya: Menyiapkan Generasi Milenial, Digital Native dan Alpha Menuju Kejayaan Indonesia 2045.

Ketua Majelis Wali Amanah ITS ini dengan gembira memberi ucapan selamat kepada para peserta UPI Universitas Terbuka dan keluarga, menyarankan agar Bersyukur - Bangga Menjadi Indonesia dan Alumni UT. Ia pun menyampaikan bahwa “Setiap Generasi memiliki tugas kesejarahan sesuai zamannya. Ukirlah setiap lembar sejarah dengan prestasi. Disampaikan pula “ Education is the passport to the future, for tomorrow belongs to those who prepare for it today” (El-Hajj Malik El-Shabazz: Malcom X). Pesan-pesan penting lainnya, seperti Guru adalah Jembatan Kesuksesan Masa Depan Penghubung kekinian dan kenantian (Mohammad NUH, 2017).

Juga disampaikan kita harus memahami “Future Trends”: Perjalanan hidup kita menuju masa depan. Mengetahui tentang masa depan, memudahkan persiapan yang harus dilakukan. Persiapan merupakan modal sukses yang luar biasa. Menyiapkan Pemimpin sesuai dengan kebutuhan zaman (Sekarang kita sedang mengalami defisit kepemimpinan dan kenegarawanan) dan Tanpa mengetahui masa depan, kita bisa terjebak dalam expired generation.

Ketika mantan menteri pendidikan nasional yang juga mantan menkominfo ini akan meninggalkan ruang seminar, nyaris tidak bisa keluar dari ruang pertemuan karena peserta UPI berebut ingin menyalami dan berfoto selfi dengan Prof. Nuh. (sapaan akrabnya).

UPI 25 OKT 2017

Pada hari kedua 25 Oktober 2017 diselenggarakan penyerahan ijazah. Kepala UPBJJ-UT, Teguh Prakoso, S. Pd., M. Hum, membuka acara secara resmi. Pesannya kepada peserta UPI agar menjaga martabat dan harga diri sebagai seorang sarjana. Alumni UT harus berperilaku sesuai dengan kaedah Ilmu, disampaikan ketika memberi sambutan. Peserta UPI antusias menerima sambutan tersebut karena memberi motivasi dan inspirasi sebagai alumni. Ia juga berterima kasih kepada semua pihak yang banyak membantu atau bekerja sama dengan UPBJJ-UT. Semua disampaikan dengan menyebut satu persatu institusi maupun individu.

Rektor UT yang diwakili oleh Ketua Lembaga penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat (LPPM) UT , Ir. Kristanti Ambar Puspitasari, M. Ed., Ph. D. lebih memotivasi lagi kepada para peserta UPI dan keluarga. Ia berharap sungguh para alumni bisa mengangkat atau menjaga nama baik Almamater, Universitas Terbuka.

Sambutan rektor Pembina yang diwakili rektor ITS Prof. Ir. Joni Hermana, M. Sc., ES., Ph. D. menambah marak suasana UPI kali ini dengan pesan yang sangat menginspirasi bahwa UT ini adalah perguruan tnggi yang sudah mendunia. Jadi kalau UT mau bersaing, bersainglah dengan lembaga perguan tinggi sesama kelas dunia.

Dalam kesempatan tersebut, Ikatan Alumni UT (IKA-UT) Surabaya memberikan beasiswa kepada dua orang mahasiswa berprestasi dari program studi Ilmu Perpustakaan, masing-masing Sdri. Widya Ningrum Aflahatuzzuhria dan Sdri. Rizka Pratiwi.

Acara berakhir sampai pukul 15.00 pada hari pertama dan 12.30. pada hari kedua.

UPI 25 Okt 2017 - 2

 

Kontributor: Hisham El Qaderie, & Dwi Sembada.

Pelantikan Pejabat di Lingkungan UPBJJ-UT Surabaya


Kepala UPBJJ-UT Surabaya, Teguh Prakoso, S.Pd., M. Hum, kembali melantik pejabat di lingkungan UPBJJ-UT Surabaya untuk ketiga kalinya selama periode kepemimpinannya, pada hari senin, 16 Oktober 2017. Pejabat yang dilantik adalah Drs. Dwi Sambada, M. Pd. sebagai Koordinator BBLBA menggantikan pejabat lama yakni Dr. Mohammad Imam Farisi, M.Pd. yang saat ini mendapatkan amanah menjadi Kepala UPBJJ-UT Jember 2017-2022.


pelantikan bblba


Pengambilan sumpah jabatan yang didampingi rokhaniwan Drs. Husni, M.Si serta penandatanganan berita acara pelantikan yang disaksikan oleh Sudewo, S.IP dan Dra. Barokah Widuroyekti, M. Pd berjalan lancar, tertib, dan hikhmad. Bahkan, gema lagu Indonesia Raya yang dinyanyikan bersama dan pembacaan naskah pelantikan oleh Kepala UPBJJ-UT Surabaya menambah suasana pelantikan semakin menggelorakan jiwa untuk bekerja keras, bekerja cerdas, bekerja tuntas, dan bekerja ikhlas.


pelantikan bblba 1


Setelah mengukuhkan, dalam sambutannya Kepala UPBJJ-UT Surabaya, Teguh Prakoso, S.Pd, M.Hum berpesan, “Jadilah pejabat yang amanah dan bertanggung jawab serta berikan separuh waktunya untuk pembangunan bangsa Indonesia khususnya pada Institusi UT tercinta”. Beliau, juga mengingatkan bahwa “ Prestasi UPBJJ-UT Surabaya yang mendapat predikat terbaik nomor 1 UPBJJ-UT se-Indonesia di tahun 2017 ini hendaknya tetap menjadi tantangan. Untuk itu, kinerja yang sudah baik dan gelora kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas, dan kerja ikhlas yang sudah terbentuk tetap kita pertahankan”. “Meski demikian, untuk bekerja tuntas dan bekerja ikhlas saya akan tetap selalu mengingatkannya,” komentar Beliau. Pada akhir sambutannya, Kepala UPBJJ-UT Surabaya berharap pejabat yang baru dapat melanjutkan kinerja yang baik dari Koordinator BBLBA yang lama yakni Dr. Mohammad Imam Farisi, M.Pd. sehingga UPBJJ-UT Surabaya tetap menjadi sentra layanan prima dalam sistem operasional UT, selalu terdepan dalam memberikan bimbingan kepada mahasiswa, senantiasa menjalin silaturahmi dengan mitra kerja, dan menjadi rujukan bagi warga Jawa Timur untuk menempuh studi di perguruan tinggi.


pelantikan bblba 2


Acara pelantikan diakhiri dengan ucapan selamat serta pemberian dukungan dari seluruh staf UPBJJ-UT Surabaya agar tidak ada kegamangan di hati Koordinator yang baru untuk membuat UPBJJ-UT Surabaya tetap berkibar dan harapan pimpinan dapat diwujudkan. Marilah, kita bekerja dan berpikir serta berpikir dan bekerja dengan tetap selalu menggelorakan kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas, dan kerja ikhlas.


sulis

 

Kontributor: Sulistiyono


PRAKTIK KERJA PERPUSTAKAAN, UT SIAPKAN SDM SEBAGAI AGENT OF CHANGE DI KABUPATEN TUBAN


pkp tuban 1

 

Era informasi menuntut setiap warga dunia dapat menyerap informasi yang membanjir dengan kemampuan memilih dan memilih informasi yang bermanfaat bagi dirinya maupun bagi perkembangan ilmu pengetahuan. Dalam rangka menyiapkan sumber daya manusia yang mampu menjadi Agent of Change pada era informasi dan digital, Universitas Terbuka melalui program studi S1 Ilmu Perpustakaan membekali mahasiswa dalam kegiatan Praktik Kerja Perpustakaan. Dengan kegiatan tersebut, mahasiswa terlibat langsung dalam melayani, memfasilitasi kebutuhan membaca, serta membangkitkan semangat membaca bagi masyarakat luas.


Bertempat di ruang pertemuan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tuban, Sarasehan Gerakan Membaca diselenggarakan pada 13 Oktober 2017 oleh PBI-UT Kabupaten Tuban bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tuban. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangkaian kegiatan Praktik Kerja Perpustakaan mahasiswa Program Studi S1 Ilmu Perpustakaan di Pokjar Kabupaten Tuban. Hadir pada acara tersebut Prof. Dr. Daryono, S.H., M.A., Ph.D, Dekan FHISIP Universitas Terbuka, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tuban, Joko Priyono, S.H., M.Hum beserta seluruh jajarannya, serta dosen UT UPBJJ Surabaya mewakili Kepala UPBJJ-UT Surabaya, Barokah Widuroyekti, Dra., M.Pd, serta Sakad, Drs., M.Ed. Suatu hal yang membanggakan bagi mahasiswa Prodi S1 Ilmu Perpustakaan di Pokjar Tuban ketika dalam kegiatan praktik kerja mereka dihadiri langsung oleh Pimpinan Fakultas dari UT Pusat dan Kepala Dinas Perpustakaan sebagai Pejabat yang sangat konsen dalam pengembangan peran perpustakaan dan upaya membangkitkan semangat membaca bagi masyarakat di Kabupaten Tuban.


pkp tuban 2

 

Perpustakaan memiliki kedudukan dan peran yang strategis di era informasi, “Perpustakaan sebagai sumber informasi dan merupakan center dari ilmu pengetahuan”, mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan disiapkan untuk menjadi Information Officer yang andal, yang bisa memberi informasi yang dibutuhkan untuk pengambilan keputusan yang baik, demikian dikatakan Prof. Daryono S.H., M.A., Ph.D dalam sambutannya. “Dua dimensi untuk informasi yang baik, yaitu informasi itu harus valid dan kredibel, artinya informasi harus benar dan memiliki sumber yang kredibel” pesannya di depan peserta sarasehan dan mahasiswa semester 3 dan 4 Prodi Ilmu Perpustakaan Pokjar Tuban.


pkp tuban 3

 

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut Joko Priyono S.H., M.Hum menyampaikan salah satu misi Perpustakaan Daerah di Kabupaten Tuban yaitu mengubah paradigma lama agar sesuai dengan perkembangan zaman dan perpustakaan tidak lagi dipandang sebelah mata. “Paradigma lama bahwa perpustakaan hanya sebagai tempat untuk membaca dan meminjam buku harus berubah menjadi wahana pembelajaran sepanjang hayat bagi masyarakat sekaligus sebagai sarana rekreasi yang menyenangkan bagi anak. Dengan menggunakan slogan “Tuban Membaca, Tuban Cerdas, Tuban Sejahtera”, Perpustakaan Daerah kabupaten Tuban siap menjawab tantangan global”.  Dengan ekspansi layanan perpustakaan di tingkat kecamatan bahkan dalam pengembangannya diarahkan pada pengembangan perpustakaan desa, alumni UT nantinya akan disiapkan sebagai SDM pendamping perpustakaan dengan inovasi-inovasi yang dilakukan.

 

Kegiatan praktik kerja perpustakaan dan sarasehan gerakan membaca ini semakin memupuk sinergisitas antara UT, khususnya UPBJJ-UT Surabaya dan Perpustakaan Daerah Tuban. Animo masyarakat Tuban terhadap Prodi Ilmu Perpustakaan UT menjadi bukti mulai berubahnya pandangan masyarakat Tuban terhadap peran perpustakaan. Bapak Joko Priyono menyampaikan harapannya agar kerjasama dengan UPBJJ-UT Surabaya yang telah berlangsung baik ini tetap berkesinambungan melalui keberadaan PBI-UT Tuban yang diketuai oleh Sri Hidajati, S.Sos., M.IKom. Demikian juga Dekan Fhisip UT menyampaikan apresiasi dan terima kasih UT kepada Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Tuban yang telah membantu mahasiswa UT menjadi Sarjana Informasi sekaligus sebagai Agent of Change yang menginspirasi, demikian Prof. Daryono, S.H., M.A., Ph.D menutup acara sarasehan.


Kontributor: Barokah W. & Sakad.

KEGIATAN KEMAHASISWAAN

UPBJJ-UT SURABAYA DI PAMEKASAN

 

"SEMINAR"

PENGEMBANGAN PROSES KREATIF MENULIS

Nara Sumber : D. Zawawi Imron

(Budayawan, Penyair, dan Da'i)

 

Kegiatan kemahasiswaan marak dilakukan di sejumlah Pokjar UPBBJJ-UT Surabaya. Kegiatan kemahasiswaan tersebut diantaranya: seminar, pelatihan jurnalistik, workshop, dan pelatihan kewirausahaan. Pokjar dipandang cukup refresentatif menjadi garda depan untuk memediasi kegiatan kemahasiswaan. Hal tersebut, ditunjukkan oleh Pokjar Ronggosukowati dan Pokjar Mitra Cendekia Bunga Matahari dengan bertempat di Gedung Arofah Kemenag Kabupaten Pamekasan, pada hari Senin, 25 September 2017 telah memediasi mahasiswa menyelenggarakan seminar dengan topik: Pengembangan Kreativitas Menulis. Bahkan, tidak tanggung-tanggung panitia menghadirkan Tokoh yang berkaliber Internasional yakni D. Zawawi Imron. Mendapatkan dukungan dari Kepala Kemenag Pamekasan, peserta seminar yang seyogyanya 100 peserta menjadi kurang lebih 125 peserta. Dalam sambutan singkatnya Kepala Kemenag menghimbau agar menjadi SDM yang berkualitas seperti tokoh D. Zawawi Imron.

 KEMENAG FOTO 2

Sementara itu, Kepala UPBJJ-UT Surabaya yakni Teguh Prakoso, S.Pd.,M.Hum di sela-sela sambutannya ketika membuka secara resmi kegiatan seminar memberikan apresiasi bahwa sosok D. Zawawi Imron merupakan aset bangsa yang memungkinkan dapat menginspirasi Anda menjadi penulis yang berkualitas, setidaknya nanti Anda mampu membuat sendiri tugas laporan akhirnya. Mengingat, menulis itu tidak sulit asalkan Anda tekun berlatih dan bisa melawan tantangan terbesar yaitu rasa malas.

 Zawawi Foto

Kegiatan seminar yang berlangsung sekitar 2 jam, D. Zawawi Imron dengan gaya seminarnya yang kontemporer dan dimoderatori Drs. Sulistiyono, M. Pd pada awal-awal penyampaian materinya menyebut dirinya: Saya UT. Artinya, ada kesamaan konsep gaya belajar Anda dengan saya. Anda belajar mandiri kuliah di UT sedangkan saya belajar dari buku dan apa yang saya amati dari sekitar tanpa bangku sekolah sebab saya hanya tamatan Sekolah Rakyat. Bahkan, ia menambahkan: saya bisa menulis Anda pun tentu akan bisa menulis. Karena, selama seseorang bisa berbicara tentu akan bisa menulis. Kuncinya adalah ada kemauan berlatih dari apa yang akan dibicarakan dipindahkan menjadi dituliskan. Itulah salah satu proses kreatif untuk menjadi kreator. Hanya saja, untuk mendapatkan tulisan yang berkualitas tentu harus diekspresikan dengan “ate se sokla” (hati yang bersih). Pada akhir sajian materinya, D. Zawawi Imron berpesan: untuk bisa melawan tantangan rasa malas menulis dan berkreativitas hendaknya Anda janganlah pernah menyerah untuk mencoba dan janganlah pernah mencoba untuk menyerah.

 Foto Bersama

Kegiatan seminar berakhir pukul 12.00 WIB, pemberian cinderamata kepada D. Zawawi Imron dan Kepala Kemenag menambah kondusifnya momen seminar. Panitia berharap, kegiatan seminar sebagai tradisi ilmiah Perguruan Tinggi dengan menghadirkan D. Zawawi Imron sebagai tokoh kreator yang excelence bisa mengembangkan kreativitas peserta seminar. Mengingat, yang bisa didapatkan dari D. Zawawi Imron bukan hanya esensi materi yang disampaikan tetapi juga sosok D. Zawawi Imron tentang proses kreatifnya tentu akan bisa menginspirasi. Selamat mencoba dan berkreasi, semoga bisa dan akan bisa!


Kontributor: Sulistiyono

Pelatihan “Keterampilan Belajar Mandiri” Mahasiswa Bidikmisi UT di Tuban

 

mandiri01

Sesuai dengan petunjuk dari Universitas Terbuka (UT) pusat mahasiswa bidikmisi diberikan pelayanan Tutoral penuh Plus Plus . Ini dimaksudkan mahasiswa diberikan pelayanan tutorialuntuk semua mata kuliah dan diberi layanan ketrampilan setiap tahun. Khusus mahasiswa baru penerima beasiswa bidikmisi pada semester satu akan menerima latihan ketrampilan tentang  belajar mandiri.Hal ini dirasakan perlu karena mahasiswa yang diterima ini semuanya baru lulus dari SLTA, sehingga mereka  perlu diarahkan cara belajarnya. Melalui pelatihan ini diharapkan mereka mampu mengubah kebiasaan belajar mereka dari cara, kebiasaan dan sistem belajar yang bergantung pada keberadaan dan kehadiran guru ke cara, kebiasaan dan sistem belajar yang sepenuhnya atas dasar inisiatif, kesadaran dan/atau prakarsa dirinya sendiri, yang lazim dikenal sebagai sistem belajar mandiri.

Bagi UT pelatihan keterampilan tentang sistem belajar mandiri sangat penting, karena UT adalah Perguruan Tinggi Terbuka Jarak jauh (PTTJJ), dimana dalam system belajarnya  ada jarak antara mahasiswa yang belajar dan dosrn yang mengajar dan mahasiswa yang belajar.Maka pelatihan yang sesuai adalah BELAJAR MANDIRI. Dengan pelatihan ini diharapkan mahasiswa sudah mampu beradaptasi untuk belajar di perguruan tinggi pada umumnya dan belajar di Universitas Terbuka pada khususnya.

Untuk pelatihan kali ini di Tuban dilaksanakan pada tanggal 20 September 2017.Pada pelatihan kali ini tidak hanya dilaksanakan mahasiswa bidik maisi yang berjumlah 25 orang mahasiswa  tetapi juga diikuti oleh mahasiswa  Sipas Semi yang  berjumlah 39 orang, sehingga total peserta menjadi 64  orang mahasiswa. Pada pelatihan kali ini bertindak sebagai narasumber adalah dari Dewan Pendidikan Kabupaten Tuban yaitu Bpk. Agus Hanif Abduurrohman S.Pdi., M.Hi.Acara dibuka oleh pembawa acara, kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan hymne UT oleh seluruh peserta.Setelah itu dilakukan sambutan-sambutan secara singkat baik dari Ketua Pengurus pokjar PBI-UT Tuban, Bapak Anshori M.M. Sementara sambutan dari UPBJJ-UT Surabaya diberikan oleh Ibu Dra. Widuroyekti M.Pd. (Koordinator Regjian). Didalam pemaparannya Bpk. Agus Hanif mengaitkan bagaimana belajar dengan belajar dalam agama, khususnya Agama Islam sehingga lebih mudah dicerna oleh mahasiswa.

mandiri02

Selesai pemaparan materi tentang belajar mandiri diteruskan denagan tanya jawab antara peserta dan pembicara. Hal ini dilakukan agar mahasiswa lebih mengerti bagaimana  belajar mandiri yang baik agar mereka dapat malaksanakan sesuai dengan tugas mereka sebagai mahasiswa.Khususnya sebagai mahasiswa yang dibiayai oleh Negara. Dengan cara ini diharapkan mahasiswa dapat belajar dengan baik sejak semester awal yaitu semester satu.Harapan terakhir dari kegiatan ini mahasiswa lulus tepat waktu dengan nilai yang sebaik baiknya.

Kontributor: Barokah, Sakad & Mujono 



Berita Terbaru

Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Pengabdian Kepada...

    Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas) tahun 2017 di UPBJJ-UT Surabaya
Serangkaian kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas) yang telah dimulai pelaksanaannya tanggal 1 Juli 2017, Sabtu –  [ ... ]

Pelantikan Kepala Sub Bagian Tata Usaha UPBJJ UT S...

  Pelantikan Kepala Sub Bagian Tata Usaha UPBJJ UT Surabaya
Pelantikan Pejabat baru di lingkungan UPBJJ UT Surabaya dilakukan oleh Kepala UPBJJ UT Surabaya, Teguh Prakoso, S.Pd.,M.Hum pada Senin, 13 November 2017. Dalam acara tersebut, Mujon [ ... ]

UPACARA PENYERAHAN IJASAH 2017/2018.1 TANGGAL 24-2...

UPACARA PENYERAHAN IJAZAH UPBJJ – UT SURABAYA PERIODE 2017/2018.1 TANGGAL 24-25 OKTOBER 2017   Surabaya. Unit Program Belajar Jarak Jauh –Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) menyelenggarakan UPI selama dua hari pada Selasa-Rabu, tanggal, 24-25 [ ... ]

Pelantikan Pejabat di Lingkungan UPBJJ-UT Suraba...
Pelantikan  Pejabat  di Lingkungan UPBJJ-UT Surabaya

Pelantikan Pejabat di Lingkungan UPBJJ-UT Surabaya

Kepala UPBJJ-UT Surabaya, Teguh Prakoso, S.Pd., M. Hum, kembali melantik pejabat di lingkungan UPBJJ-UT Surabaya untuk ketiga kalinya selama periode kepemimpinannya, pada hari senin, 16 Oktober 2 [ ... ]

PRAKTIK KERJA PERPUSTAKAAN, UT SIAPKAN SDM SEBAGA...

PRAKTIK KERJA PERPUSTAKAAN, UT SIAPKAN SDM SEBAGAI AGENT OF CHANGE DI KABUPATEN TUBAN
  Era informasi menuntut setiap warga dunia dapat menyerap informasi yang membanjir dengan kemampuan memilih dan memilih informasi yang bermanfaat bagi d [ ... ]

SEMINAR PENGEMBANGAN PROSES KREATIF MENULIS DI PAM...

KEGIATAN KEMAHASISWAAN UPBJJ-UT SURABAYA DI PAMEKASAN   "SEMINAR" PENGEMBANGAN PROSES KREATIF MENULIS Nara Sumber : D. Zawawi Imron (Budayawan, Penyair, dan Da'i)   Kegiatan kemahasiswaan marak dilakukan di sejumlah Pokjar UPBBJJ-UT [ ... ]

Pelatihan Keterampilan Belajar Mandiri di Tuban
Pelatihan Keterampilan Belajar Mandiri di Tuban

Pelatihan “Keterampilan Belajar Mandiri” Mahasiswa Bidikmisi UT di Tuban   Sesuai dengan petunjuk dari Universitas Terbuka (UT) pusat mahasiswa bidikmisi diberikan pelayanan Tutoral penuh Plus Plus . Ini dimaksudkan mahasiswa diberikan p [ ... ]

Pengumuman

DAFTAR PESERTA SUO NONPENDAS REGULER 2017.2
DAFTAR PESERTA SUO NONPENDAS REGULER 2017.2

Daftar Peserta  Ujian Online NonPendas Reguler 2017.2
Sistem ujian Onlin [ ... ]

UNDANGAN MENGIKUTI WISUDA DI UT PUSAT

UNDANGAN MENGIKUTI WISUDA DI UT PUSAT  
Para Wisudawan yang Berbahagia. [ ... ]

DAFTAR NAMA PESERTA YUDISIUM PERIODE IV TAHUN 2017
DAFTAR NAMA PESERTA YUDISIUM PERIODE IV TAHUN 2017

DAFTAR NAMA PESERTA YUDISIUM PERIODE IV TAHUN 2017 UNIVERSITAS TERBUKA

Se [ ... ]

DAFTAR NAMA PESERTA YUDISIUM PERIODE III TAHAP II ...
DAFTAR NAMA PESERTA YUDISIUM PERIODE III TAHAP II TAHUN 2017 UNIVERSITAS TERBUKA

  DAFTAR NAMA PESERTA YUDISIUM PERIODE III TAHAP 2 TAHUN 2017 UNIVERSITAS  [ ... ]

UNDANGAN WISUDA KE UT PUSAT 2017

UNDANGAN MENGIKUTI WISUDA DI UT PUSAT   Para Wisudawan yang Berbahagia.  [ ... ]

UPACARA PENYERAHAN IJASAH 2017/2018.1

"PENGUMUMAN"
Upacara Penyerahan Ijazah (UPI)
Sehubungan dengan telah terbitnya  [ ... ]

ORIENTASI STUDI MAHASISWA BARU (OSMB) MAHASISWA FK...

ORIENTASI STUDI MAHASISWA BARU (OSMB) MAHASISWA FKIP PGSD/PGPAUD 2017.2
Ori [ ... ]

 

 33th-ut 

laman kit

laman tutor

lmn mahasiswa

lmn pokjar

Follow Us : facebook  twitter  feed  google